WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Membangun Website E-commerce

Peluang usaha membuat dan membuka web untuk Bisnis online atau istilah canggihnya website e-commerce sendiri saat ini dapatlah dikatakan mudah. Sedemikian mudahnya membuat situs online ini membuat semua kalangan dapat membuka sendiri usaha online.
Apa saja kelebihan dan pilihan yang dapat kita gunakan untuk membuat website e-commerce/ bisnis online?
Berbisnis online saat ini merupakan salah satu alternatif bisnis yang dapat dilakukan dengan berbagai kelebihan, antara lain :
  • Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis online relatif lebih mudah dan murah karena dapat dimulai dari rumah
  • Pilihan sistem bisnis online yang beragam untuk beragam kalangan dapat dipilih sesuai tingkat kesulitan dan skala bisnis
  • Kemudahan untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan situs-situs jejaring sosial seperti facebook, friendster, twitter, dan blog
  • Transaksi online yang memudahkan pembeli untuk berkunjung, memilih, dan membeli produk yang ditawarkan tanpa harus mencari dan datang ke lokasi penjual
Saat ini kita dapat memilih aneka macam cara untuk membuat situs online untuk berbisnis. Beberapa pilihan yang dapat kita coba yaitu :
  • WordPress. Kepopuleran wordpress sebagai sistem blog yang mudah untuk digunakan dapat kita manfaatkan pula untuk membuat situs bisnis online.
  • OsCommerce. Program khusus yang bebas untuk kita gunakan untuk membangun toko online memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan sistem online dengan wordpress.
  • Zen-Cart. Sama seperti OsCommerce, program ini sama dengan oscommerce merupakan program berbasis open source yang sudah dioptimasi untuk memudahkan kita dalam membuat toko online.
  • Joomla. Joomla sebagai mesin portal dinamis dan CMS (Content Management System) memiliki kemampuan yang fleksibel untuk kita gunakan sebagai alat untuk membangun situs e-commerce.
  • PHP & Mysql. Jika kita mempunyai kemampuan pemrograman dan database, kita dapat juga merancang sendiri dari awal sampai akhir semua yang kita inginkan dalam membuat situs online. Tentunya untuk hal terakhir ini kita memerlukan skill yang lebih dibanding dengan sistem dan program lainnya. 
contoh web e-commerce dengan PHP dan Mysql Filenya  Download File di sini
Sumber:http://www.kamalsy.com/membuat-website-e-commerce-cara-mudah-bisnis-online.html

Cara Membuat Spoiler di Postingan Blog

Kali ini saya akan memberikan Toturial membuat spoiler di postingan Blog spoiler adalah untuk memangkas postingan di Blog Open dan Tutup contohnya lihat gambarnya di bawah ini.
Ok langsung saja pada inti acaranya.
1. Login ke Akun Blogger Anda kemudian langsng ke Enti Baru
2. Ke HTML
  Kemudian copi source code di bawah ini:
<div style="margin: 5px 20px 20px;">
<div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"><b>Spoiler</b> for open <b>Script</b>: <input value="Open" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 55px; font-size: 11px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Close'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Open'; }" type="button">
</div>
<div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
<div style="display: none;">
ISIKAN POSTINGAN DI SINI
</div>
</div>
</div>


Dan hasilnya kira-kira seperti di bawah selamat mencoba...
Spoiler for open Script:
ISIKAN POSTINGAN DI SINI
Sumber :Dhafiq Sagara

Contoh Operator PHP

Klik Open untuk membuka:
<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>Contoh Web PHP Operator</title>
 </head>
 <body>
  <form method="post">
  <!--from untuk kerangka ,post mengirimkan data secara terpisah-->
  <fieldset>
  <legend><h3>Contoh Operator PHP</h3></legend>
  <!--heading tag ini digunkan untuk membuat judul yang tebal, tag heading ini ada beberpa level <h1>sampai <h6>-->
  <table><!--table digunakan untuk membuat table biasanya di ikuti oleh <tr> dan <td>-->
   <i><b><u>Operator Pengurangan</u></b></i>
   <!--<i>untuk tulisan miring <b> untuk tulisan tebal <u> untuk tulisan garis bawah-->
   <tr><!--digunakan untuk membuat baris-->
    <td><input type="number" name="min1"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
   <!--required=required placeholder source ini digunakan untuk menampilkan sebuah kondisi textfield apabila textfieldnya tidak di isi-->
    <td>-</td><!--digunakan untuk membuat kolom-->
    <td><input type="number" name="min2"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
    <td><input type="submit" name="jumlah" value="Hitung"></td>
    <!--jika tombol submit diklik makan inputan name akan dikirim ke file form.php untuk di proses-->
    
  <?php /*Kode php diawali dengan tag <? atau <?php dan ditutup dengan sesuai dengan tag pembukanya?>*/
   if(isset($_POST["jumlah"])){
   /*pada tag ini terdapat pemeriksaan pada kondisi apakah "jumlah" indek array $_POST
   dan perbandingan dengan tombol submit di form ,isset digunakan untuk menyatakan apakah variabel 
   sudah di set atau tidak jika sudah di set makan makan variabel mengembalikan nilai true*/
   $hasil = $_POST["min1"] - $_POST["min2"];
   /*pada tag ini terdapat nilai inputan dari form yang akan di ambil dengan cara mengakses array $_POST  
   sesuai dengan komponen form yang di ambil dan isi komponen  inputan "hasil" di bawah akan di masukkan ke variabel $hasil
   pada source di atas atas $_POST ada actian pembagian inputan min1-min2 di sini terdapat aritmatika 
   pengurangan di mana inputan min1-min2 hasilnya akan di tampilkan apabila usernya akan menklik tombol submit di atas*/
   
  }
  ?> 
    <td><input type="text" name="hasil" disabled value="<?php echo $hasil;?>"></td>
    <!--echo berfungsi untuk menampilkan output variabel $hasil-->
   </tr>
   <!--tag penutup membuat baris-->
  </table>
  <hr>
  <hr>
  <form method="post">
  <!--post untuk mengirimkan data secara terpisah-->
  <table>
   <i><b><u>Operator Perkalian</u></b></i>
   <tr>
    <td><input type="number" name="kali1"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
    <td>x</td>
    <td><input type="number" name="kali2"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
    <!--Sama penjelasanya sperti di atas-->
    <td><input type="submit" name="jumlah" value="Hitung"></td>
   <?php
    if(isset($_POST["jumlah"])){
    $hasil = $_POST["kali1"] * $_POST["kali2"];
    /*aritmatik perkalian di mana inputan kali1 x kali2 akan di tampilkan di variable $hasil ini sama dengan
    keterangan yang ada di atas cuman di sini inputan aritmatikanya perkalian prosesnya sama di jumlah kemudian
    akan di tampilkan oleh echo di variabel $hasil*/
    }
   ?>
    <td><input type="text" name="hasil" disabled value="<?php echo $hasil;?>"></td> 
   </tr>
  </table>
  <hr>
  <!--<hr>untuk membuat baris-->
  <hr>
  <form method="post">
  <table>
   <i><b><u>Operator Pembagian</u></b></i>
   <tr>
    <td><input type="number" name="bagi1"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
    <td>/</td>
    <td><input type="number" name="bagi2"/required=required placeholder='Masukkan Angka'></td>
    <td><input type="submit" name="jumlah" value="Hitung"></td>
   <?php
    if(isset($_POST["jumlah"])){
    $hasil = $_POST["bagi1"] / $_POST["bagi2"];
    /*sama dengan seblumnya aritmatika pembagian*/
    }
   ?>
    <td><input type="text" name="hasil" disabled value="<?php echo $hasil;?>"></td>
   </tr>
  </table>
  <!--tag penutup <table>-->
  </form>
  <!--tag penutup <form>-->
  </fieldset>
  <!--tag penutup <fieldset>-->
 </body>
 <!--tag penutup <body>-->
</html>

Cara Membuat Fanspage Facebook Di Blog 2014

Cara Membuat Fanspage Facebook di Blog. Cara ini sangatlah mudah karena dilengkapi dengan gambar. Tujuan dari Memasang Fanspage Facebook di Blog adalah untuk mempromosikan blog kita ke FB dan efeknya pasti akan meningkatkan pengunjung blog Kita. Facebook Like Box ini akan membantu pengunjung Anda untuk menjadi seorang pembaca reguler hanya dengan mengklik tombol Like. Dengan Facebook Like Box ini pembaca akan mendapatkan update artikel terbaru dari Facebooknya. Ikuti langkah berikut ini untuk memasang Like Box Fans Page di blog Anda.
Langkah-langkah Membuat  Fanspage Facebook Di Blog 2014
1. Login dulu ke akun Facebook Anda
2.  Klik link ini = Facebook Developers
3. Halaman yang tampil akan seperti di bawah
4. Pada Facebook Page URL. Anda masukkan URL Facebook page blog Anda. (Lihat gambar di atas yang diberi kotak Hitam).
5. Untuk seterusnya Anda bisa sesuaikan menurut keinginan Anda. Saya lebih suka menggunakan pengaturan seperti gambar di atas.
6. Setelah Anda setting, klik Get Code dan Anda akan mendapatkan 2 kode seperti gambar di bawah ini.
Cara meletakkan Kode Pertama:
1. Loin ke akun blog Anda
2. Pilih Template => Edit HTML
3. Cari kode <body>, Untuk mempermudah mencari silahkan tekan ctrl+F pada keyboard dan silahkan tulis kode di atas.
4. Setelah dapat, copy dan letakkan kode pertama tadi tepat di bawah kode <body>
5. Simpan template Anda.
Cara meletakkan Kode kedua:
1. Pilih Tata Letak
2. Kemudian Klik Tambahkan Gadget => Pilih HTML/javascript.
3. Kemudian copy dan letakkan Kode kedua di HTML/javascript tadi. kemudian simpan/save(Lihat gambar di bawah).
4. Simpan , selesai dah dan lihat hasil Blog Anda.
Sumber:
http://www.tugasku4u.com/2013/05/cara-mudah-memasang-like-fanspage.html


Modul Pemrograman Berbasis Web

Di sini ada modul yang teman-teman bisa donwload file HTML,PHP,CSS dll.
dan jangan lupa koment dan joist di blog ini biar share materi atau file ILMU.

Download File di sini

Jaringan Komputer

Jaringan komputer (JARKOM) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sejarah Jaringan Komputer(JARKOM)

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). 
Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan AmerikaU.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. 
Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Pada tahun 1972Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Tom TruscottJim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979.Tahun 1981France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol(IP) yang kita kenal hingga saat ini.Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah BelandaInggrisDenmark, dan Swedia.Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992.Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs.Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Klasifikasi
Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :
1. Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer.LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic).Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua.Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia.Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
2.  Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer).Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-serverprint-serverdatabase server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.
3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas
    1.   Topologi bus
    2.   Topologi bintang
    3.   Topologi cincin
    4.   Topologi mesh
    5.   Topologi pohon
    6.   Topologi linier
4. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
   1. Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
   2.  Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

6. Berdasarkan media transmisi data
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer